Zorro Khan

BERAT BADAN TURUN bagi orang dewasa (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 24/06/2009 at 06:22

Fluktuasi kecil pada berat badan akibat perubahan sementara pola makanan (diet) dan/atau banyaknya olahraga anda adalah normal (bukan berat badan turun karena penyakit). Namun turunnya berat badan yang banyak tanpa disengaja, terutama bila disertai hilang selera atau gejala lain, bisa merupakan tanda peringatan beberapa kanker atau infeksi yang memerlukan perhatian medis dengan segera. Bila anda mencemaskan banyaknya penurunan berat badan dan tidak jelas sebabnya, segeralah periksakan ke dokter.

YUK, mari kita telusuri karena apa “BERAT BADAN TURUN ANDA”,, yang kita singkat aja BBT (Berat Badan Turun). BBT = singkatan ngarang dot com ^^

@ Jika BBT dengan penurunan berat badan kurang dari 4 kg dalam 10 minggu, maka kemungkinan penyebab adalah fluktuasi kecil pada berat badan, dan ini normal, tidak bahaya. Turunnya berat badan anda ini mungkin tidak perlu dicemaskan kecuali berat badan anda sudah di bawah batas ideal. Cara mengukurnya adalah “berat badan anda (kg)” dibagi “dengan angka tinggi anda (dalam satuan meter) dikuadratkan”, maka jika hasilnya di antara 18,5 sampai 25 berarti ukuran tubuh anda ideal

Contoh: seseorang dengan tinggi 1,65m dgn berat badan 55kg. cara menghitung 55 dibagi 1,65kuadrat = 55 dibagi 2,72 = ~ 20,, brarti dia ideal ukuran tubuhnya atau pengukuran ini dikenal dengan nama Indeks Massa Tubuh (IMT)

Tindakan. Perbanyak porsi makanan anda. Periksakan ke dokter bila berat badan anda terus merosot atau jauh samapai dibawah berat ideal untuk tinggi badan anda.

@ Jika BBT dengan selera makan baik disertai salah satu gejala ini:
- merasa selalu waswas
- berkeringat berlebihan
- mata menonjol
- tangan gemetar
Maka kemungkinan penyebab adalah Hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif). Periksakan ke dokter.
Tindakan. Dokter akan memeriksa tingkat hormon tiroid dari contoh darah anda. Bila diagnosanya benar, anda mungkin akan diberi obat tiroid atau radioaktif iodine, yang biasanya efektif seketika. Kadang-kadang diperlukan pembedahan untuk mengangkat sebagian kelenjar tersebut.  

@ Jika BBT dengan selera makan baik disertai salah satu gejala ini:
- Mudah haus
- Lebih banyak buang air kecil daripada biasanya
- Penglihatan kabur

Segera bawa ke dokter dalam 24 jam.
Maka kemungkinan penyebab adalah Diabetes Melitus sebagai sebuah kemungkinan. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya produksi hormon “insulin” yang diperlukan tubuh untuk mengambil energi dari gula dan karbohidrat.
Tindakan. Dokter akan mengambil contoh darah anda untuk diperiksa tingkat gulanya. Bila diagnosanya sudah pasti, anda akan memerlukan saran-saran diet (makanan) dan pola hidup. Umumnya hal ini sudah cukup, namun ada beberapa orang yang memerlukan obat berbentuk tablet atau suntikan insulin untuk seumur hidupnya.

@ Jika BBT dengan selera makan baik disertai aktivitas olahraga lebih banyak daripada biasanya, maka kemungkinan penyebab adalah proses pembakaran lebih banyak energi dari yang didapat dari makanan anda, sangat mungkin sebagai penyebab turunnya berat badan anda ini.

Tindakan. Anda perlu menambah jumlah kalori makanan untuk mengimbangi energi yang anda pakai. Secara kesehatan, terlalu kurus sama beresikonya dengan kegemukan. Menaikkan berat badan perlu ditujukan untuk membentuk otot serta tulang, bukan dengan menambah persediaan timbunan lemak di tubuh. Idealnya, anda pelu menaikkan berat badan secara berangsur dengan makan makanan sehat dan seimbang. Beberapa kali makan makanan bergizi setiap sehari, lebih memberikan pasokan energi lebih baik daripada dua kali makan besar per hari. Usahakan makan makanan ringan bergizi dan padat kalori seperti pisang dan sandwich di antara setiap waktu makan. Makanan tambahan dan minuman berbasis susu juga akan membantu, namun itu digunakan sebagai penambah makanan, bukannya menggantikan menu anda. Pastikan anda berolahraga teratur untuk membangun otot dan menambah kekuatan serta menambah selera makan. Bila anda mudah penat, lakukan olahraga ringan namun sering agar tidak terlalu memaksa tubuh anda sendiri.

@ Jika BBT dengan selera makan turun dan disertai satu atau lebih gejala berikut ini:
- diare atau sembelit yang sering kambuh
- nyeri lambung kambuhan
- darah di tinja

Segera ke dokter dalam 24 jam. Kemungkinan penyebab adalah kelainan di saluran pencernaan, misalnya radang usus halus atau tukak. Kanker usus juga mungkin, terutama bila usia anda di atas 40 tahun.
Tindakan. Dokter akan melakukan beberapa tes diagnostic, meliputi tes darah, tes tinja, dan kolonoskopi (untuk melihat keadaan saluran usus besar secara langsung).

@ Jika BBT dengan selera makan turun dan disertai dua atau lebih gejala berikut:
- Berkeringat berlebihan di malam hari
- Demam kambuhan
- Merasa meriang
- Darah di dahak

Maka segara ke dokter dalam 24 jam. Kemungkinan penyebab adalah sebuah infeksi kronis seperti tuberkulosis, penyakit AIDS atau kanker tertentu.
Tindakan. Dokter akan melakukan tes darah dan mungkin dahak untuk dianalisa, dan meminta pemeriksaan sinar-X (roentgen) dada, serta beberapa tes lain. Dari hasil tes, mungkin anda akan dirujuk ke spesialis untuk dirawat.

@ Jika BBT dengan selera makan turun dan disertai satu atau lebih gejala berikut?
- sulit berkonsentrasi dan mengambil keputusan
- sulit tidur
- kurang bersemangat

Maka kemungkinan penyebab adalah Depresi yang kadang-kadang bisa menghilangkan selera makan, yang cukup untuk membuat berat badan merosot. Akan dibahas lebih lanjut di judul penelusuran DEPRESI.

  1. keren banget artikelnya minta format pdfnya donk…….?

    • Alhamdulillah..
      pak Joel, artikelnya saya ketik dari buku, jadi nda punya format pdfnya, maaf sebelumnya nih :)

  2. syukron banget infonya dek!

    oiy..skali-kali ngebahas tentang BBNT alias Berat Badan Naik Terus donk… ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: