Zorro Khan

KEBAS dan/atau SEMUTAN (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 11/07/2009 at 00:05

Kebas atau semutan setelah lama duduk pada posisi tanggung adalah hal wajar. Hal ini bisa terjadi di bagian tubuh mana pun saat ada syaraf yang tertekan. Gejala ini akan segera hilang setelah anda berganti posisi saat syaraf tadi tidak tertekan. Kebas atau semutan yang timbul tanpa sebab jelas bisa menandakan adanya kelainan yang memerlukan penanganan medis.

YUK, mari kita telusuri karena apa “KEBAS &/ SEMUTAN ANDA”

@ Jika kebas dan/atau semutan anda hanya di satu tangan atau lengan dan leher anda terasa kaku, maka kemungkinan penyebab adalah cervical spondylosis, arthritis di tulang leher, terutama bila usia anda di atas 50 tahun. Kelainan ini bisa menyebabkan iritasi saraf di tulang leher. Periksakan ke dokter.

Tindakan. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan sinar-X leher. Sesudah diagnosanya pasti, mungkin anda akan diberi penopang leher untuk mengurangi gerak leher dan mengurangi tekanan pada saraf. Simtom/gejala ini akan membaik dalam beberapa minggu.

@ Jika kebas dan/atau semutan anda hanya di satu tangan atau lengan dan gejalanya makin memburuk di malam hari, da/atau ada rasa nyeri menusuk dari telapak tangan ke arah pergelangan, maka kemungkinan penyebab adalah sindrom karpal tunnel (saraf pergelangan tertekan). Kondisi ini terutama biasa terjadi di saat hamil, ketika timbul bengkak pada jaringan sekitar saraf. Periksakan ke dokter.

Tindakan. Kondisi ini akan hilang sendiri. Bila terus menetap, dokter akan merujuk anda ke rumah sakit guna menjalani beberapa tes untuk memastikan diagnosanya. Suntikan kortikosteroid ke jaringan di sekitar syaraf akan mengurangi bengkak dan meredakan simtom/gejala. Pada beberapa kasus, bisa diperlukan operasi.

@ Jika kebas dan/atau semutan anda hanya terasa di satu sisi tubuh disertai salah satu gejala berikut:
– Sulit bicara
– Penglihatan kabur
– Bingung
– Limbung atau pusing
Dan gejala tersebut kini sudah lenyap, maka bawa ke dokter sekarang juga. Kemungkinan penyebab, bila usia anda di atas 40 tahun adalah transient aschaemic attack (TIA), dimana sebuah endapan darah menyumbat sesaat pembuluh darah pemasok otak. Pada usia lebih muda, suatu kelainan pada sistem syaraf adalah sebuah kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Tindakan. Berapapun usia anda, diperlukan pemeriksaan segera. Mungkin anda perlu menjalani beberapa tes seperti MRI untuk mencari penyebab dan penanganan penyebab.

@ Jika kebas dan/atau semutan anda hanya terasa di satu sisi tubuh disertai salah satu gejala berikut:
– Sulit bicara
– Penglihatan kabur
– Bingung
– Limbung atau pusing
Dan gejala tersebut masih dirasakan, Bahaya! Bawa ke rumah sakit sekarang juga! Kemungkinan penyebab, bila usia anda di atas 40 tahun adalah stroke, yaitu terdapat kerusakan permanen di satu bagian otak akibat terhentinya pasokan darah ke daerah tersebut. Pada usia lebih muda, suatu kelainan sistem syaraf adalah kemungkinan penyebab.

Tindakan. Berapapun usia anda, diperlukan pemeriksaan segera di rumah sakit. Mungkin anda perlu menjalani beberapa tes seperti MRI untuk mencari penyebab dan penanganan yang tepat.

@ Jika jari tangan dan kaki anda kebas dan biru di hawa dingin, lalu menjadi merah dan nyeri, maka kemungkinan penyebab adalah fenomena raynaud, yaitu pembuluh darah di jari dan ibu jari menjadi terlalu peka terhadap dingin dan terlalu berkerut. Periksakan ke dokter

Tindakan. Jaga tangan dan kaki anda tetap hangat dan kering.

@ Periksakan ke dokter jika kebas dan/atau semutan anda belum diketahui penyebabnya seperti yang disebut di atas

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: