Zorro Khan

LEHER NYERI atau KAKU (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 15/07/2009 at 01:01

Leher nyeri atau kaku paling banyak disebabkan oleh kejang-otot yang timbul akibat terlalu lama duduk atau tidur pada posisi tidak nyaman atau melakukan gerakan atau olahraga yang kikuk.

Walau gejalanya tidak nyaman, biasanya akan membaik dalam 48 jam tanpa perawatan medis. Bila nyeri dan atau kakunya terus berlarut atau semakin memburuk, periksakanlah ke dokter

YUK, mari kita telusuri karena apa “NYERI atau KAKU LEHER ANDA”

@ Jika nyeri lehernya setelah sebuah gerakan menyentak, maka kemungkinan penyebab adalah sebuah cedera pada otot, ligament, dan atau tendon di leher. Pada kebanyakan kasus, bisa diatasi sendiri. Istirahatkanah leher sebanyak mungkin dengan berbaring agar otot leher tidak menopang berat kepala anda, dan minumlah obat bebas untuk pereda nyeri jika dibutuhkan. Bila gejalanya tidak membaik dalam 24 jam, periksakanlah ke dokter, yang mungkin menyarankan anda memakai penopang leher yang empuk.

@ Jika nyeri lehernya setelah sebuah gerakan menyentak dan disertai salah satu tanda bahaya. Bila anda mengalami nyeri leher atau baru kena benturan di leher, dan timbul masalah dengan kontrol usus atau kandung kemih. Walau jarang, hal ini bisa disebabkan oleh adanya cedera/ kerusakan di saraf tulang belakang. Bahaya! Segera bawa ke rumah sakit sekarang juga! Usahakan jangan bergerak sampai datang bantuan medis.

Tindakan. Di rumah sakit anda akan menjalani pemeriksaan sinar-X dan CT-scan, untuk mencari tempat dan lingkup kerusakannya. Pada beberapa kasus, pembedahan untuk memperbaiki patah tulang mungkin diperlukan.

@ Jika Leher kaku anda disertai salah satu gejala berikut:
– Sakit kepala parah
– Demam
– Tidak menyukai cahaya terang
– Mengantuk dan atau linglung
– Ada bintik merah datar yang tidak hilang ketika ditekan
Bahaya! Bawa ke rumah sakit sekarang juga! Kemungkinan penyebab adalah meningitis, peradangan selaput pembungkus otak, karena infeksi.

Tindakan. Bila diduga meningitis, anda akan segera dirujuk ke rumah sakit, untuk mendapatkan penanganan darurat dengan antibiotika dan mungkin memerlukan perawatan intensif.

@ Jika anda terbangun dengan leher kaku dan sakit, maka kemungkinan penyebab anda mengalami torticollis (leher miring), yaitu otot-otot di satu sisi leher berkontraksi, menyebabkan nyeri dan kaku,. Walau sakit, ondisi ini tidak berbahaya.

Tindakan. Minumlah obat bebas untuk pereda nyeri dan istirahatkanlah leher sebanyak mungkin dengan berbaring agar otot leher tidak menopang berat kepala anda. Torticollis biasanya membaik dalam 24-48 jam tanpa perawatan medis. Bila belum membaik dalam 24 jam, periksakan ke dokter, yang bisa meresepkan sebuah penopang leher empuk untuk dikenakan sampai gejalanya hilang.

@ Jika nyeri leher anda terdapat satu atau lebih, bengkak meradang di bagian sisi leher, maka akan dibahas lebih lanjut dijudul “BENJOLAN DAN BENGKAK”

@ Jika nyeri leher anda menyengat ke arah lengan bawah dan nyeri timbul sekonyong-konyong, maka kemungkinan penyebab adalah saraf ke arah engan mungkin tertian atatu teriritasi di pangkal percabangannya di leher. Periksakan ke dokter.

Tindakan. Dokter akan memeriksa anda dan meminta anda menjalani beberapa tes, termasuk sinar-X. Dokter mungkin juga akan menyarankan anda memakai penopang leher, dan bisa merujuk anda ke fisioterapis.

@ Jika kaku atau sakit lehernya memburuk dalam perioda beberapa bulan, maka kemungkinan penyebab adalah cervical spondilosis, osteoarthritis di tulang-tulang leher. Periksakan ke dokter.

Tindakan. Dokter akan meminta anda menjalani pemeriksaan sinar-X untuk memastikan diagnosa ini. Pemakaian penopang leher akan bisa meredakan gejalanya. Obat pereda nyeri yang dijual bebas juga akan bisa menolong.

@ Jika nyeri atau kaku anda belum diketahui dari kemungkinan-kemungkinan penyebab di atas maka periksakan ke dokter

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: