Zorro Khan

TELINGA BERDENGING (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 15/07/2009 at 21:53

Suara bising di telinga, misalnya berdengung, berdenging, atau mendesis, disebut tinnitus. Beberapa orang mengalami episode singkat tinnitus yang bukan karena karena keainan telinga dan hilang sendiri tanpa perawatan. Penderita lain mengalami tinnitus menetap yang tidak hanya mengesalkan namun juga menandakan adanya masalah telinga yang harus dicermati.

YUK, mari kita telusuri karena apa “DENGING TELINGA ANDA”

@ Jika bising itu timbul saat atau setelah penerbangan dengan pesawat terbang, maka kemungkinan penyebab adalah barotrauma, kerusakan gendang telinga karena perbedaan tekanan udara antara telinga tengah dan telinga luar, terutama bila anda sudah menderita hidung tersumbat ketika melakukan perjalanan.

Tindakan. Tiuplah melalui hidung dengan menjepit cuping hidung. Pada banyak kasus, langkah ini bisa memulihkan pendengaran. Bila barotrauma menetap sampai sampai lebih dari 24 jam, periksaan ke dokter. Untuk mencegah masalah timbul lagi, ikuti langkah pencegahan masalah telinga dalam penerbangan (di bawah).

@ Jika telinga berdenging anda dan anda pernah terserang pusing seolah segalanya berputar dan juga kehilangan pendengaran, maka kemungkinan penyebab adalah anda mengidap sakit Meniere, yaitu ada kenaikan pembentukan cairan di telinga bagian dalam. Periksakan ke dokter

Tindakan. Dokter akan melakukan beberapa tes, termasuk tes pendengaran. Bila benar karena penyakit Meniere, anda akan diberi obat untuk mengurangi cairan di telinga bagian dalam. Pada kasus yang sangat jarang, operasi mungkin diperlukan.

@ Jika pendengaran anda hilang sebagian setelah anda baru saja terpapar kebisingan dan terjadi dalam 24 jam terakhir, maka kemungkinan penyebab adalah baru terpapar suara sangat bising akan bisa membuat telinga berdenging atau hilang pendengaran untuk sementara.

Tindakan. Gejala ini akan hilang sendiri dalam beberapa jam. Namun bila tidak membaik dalam 24 jam, periksakan ke dokter. Untuk masa selanjutnya, lindungi pendengaran anda bila tahu akan terpapar suara bising. Lihat mencegah hilang pendengaran karena kebisingan (dibawah).

@ Jika pendengaran anda hilang sebagian, maka pada banyak kasus, hilang pendengaran berkaitan dengan bisisng di telinga. Akan dibahas lebih lanjut di judul “MASALAH PENDENGARAN”

@ Jika pendengaran anda hilang sebagian setelah anda baru saja terpapar kebisingan, maka kemungkinan penyebab, terpapar pada suara bising bisa membuat pendengaran berkurang permanen, yang sering berkaitan dengan suara bising di telinga. Akan dibahas lebih lanjut di judul “MASALAH PENDENGARAN”

@ Jika kebisingan telinga sedang anda memakai obat atau usai memakai sebuah obat resep atau obat bebas, maka kemungkinan penyebab bahwa obat tertentu, misalnya aspirin, bisa menyebabkan bising di telinga sebagai efek samping. Hentikan semua obat bebas dan konsultasikan ke dokter. Sementara itu, lanjutkan pemakaian obat resep dokter.

@ Jika terdengar suara desir di telinga anda bersamaan dengan denyutan jantung anda, maka kemungkinan penyebab adalah suara aliran darah di dalam telinga. Suara ini adalah biasa dan tidak perlu dicemaskan. Namun kadang-kadang hali ini berkaitan dengan tekanan darah tinggi.

@ Jika denging telinga anda belum ditemukan dari kemungkinan2 penyebab diatas maka periksakan ke dokter

 

TINDAKAN SENDIRI MENCEGAH MASALAH TEINGA DALAM PENERBANGAN
Masalah umum penerbangan adalah barotraumas, rusaknya gendang telinga yang menimbulkan sakit telinga dan/atau pendengaran berdengung, akibat beda tekanan antara telinga luar dengan telinga tengah. Hal ini timbul karena tekanan udara di dalam pesawat terbang berubah disaat lepas landas dan mendarat. Bila tuba Eustachian (saluran yang menghubungkan rongga telinga dengan tenggorokan) tersumbat, tekanan ditelinga tidak bisa menyeimbangkan diri. Untuk menghindari barotraumas, cobalah sering menelan; menghisap permen karet atau permen biasa disaat lepas landas atau mendarat untuk menjaga tuba Eustachian tetap terbuka. Bila langkah itu tidak berhasil, tiuplah melalui hidung dengan cuping hidung dijepit. Sebaiknya hindari perjalanan penerbangan ketika sedang pilek.

 

TINDAKAN SENDIRI MENCEGAH HILANG PENDENGARAN AKIBAT KEBISINGAN
Kebisingan berlebihan bisa merusak telinga bagian dalam dan menimbulkan masalah pendengaran. Untuk mencegah hal itu, sedapat mungkin hindari terpapar suara bising. Misalnya jangan menyetel suara terlalu keras, terutama melalui headphone. Jaga agar kekerasan bunyi hanya sebatas, yang penting anda bisa mendengar pengucapan dari suara itu. Bila terpapar kebisingan ditempat kerja, selalu kenakan pelindung atau sumbat telinga. Hal ini harus disediakan oleh perusahaan tempat anda bekerja.

About these ads
  1. Terima kasih atas info yg ada. Saya merasa heran karena baru kali ini saya merasa telinga saya sakit. Setelah ditelusuri dan membaca ulasan ini, saya sedang kena flu pada saat penerbangan berlangsung. Rasa sakit pada telingaku hilang kurang dari 24 jam.

  2. Sama-sama Pak Imam,, Alhamdulillah^^

  3. dek…mw tanya…
    sebenernya bersihin telinga pake cotton bud itu boleh ndak?
    waktu itu ada yg bilang nggak boleh karena malah mengakibatkan kotoran menjorok ke dalam. Jadi harus ke dokter spesialis THT bwt bersihin.
    jadi gimana ?

  4. fathy coba jawab yaaa umm…
    boleh membersihkannya pake cotton bud, tapi tekniknya harus betul. bukan dikorek, tapi dioles jadi 1 arah saja umm. sekali oles, keluarkan dan ganti dengan sisi yang lain. kalo di korek-kotrek dengan arah yang tidak berarturan kotorannya bisa masuk ke dalam.
    jadi searah saja..misal dari atas ke bawah, dengan sekali oles.
    insyaALLOH begitu penjelasan dari pak dokter.

  5. Telinga saya sering berdenging, kadang2 dengan sendirinya hilang, kadang berdenging keras.kalau kepala direbahkan (posisi tidur) kepala saya serasa apa ya…geliyeng kali namanya. Pusing…tapi bukan sakit kepala. Kalau posisi ruku (posisi solat), serasa geliyeng juga. tapi ngga sedang flu, atau pusing.
    Apa ya pa penyebabnya. Pernah dikasih obat sama dokter THT (lupa obatnya), malah ngga karuan rasanya. Mohon kejelasannya pa…..Terimakasih banyak.

  6. [...] suara volume tinggi pada waktu lama, infeksi telinga serta benturan atau cedera kepala. Sebagai informasi tambahan tinnitus yang disebabkan suara bising akan hilang dengan sendirinya (asal tidak diulangi terus [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: