Zorro Khan

NAFAS BERBUNYI (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 17/07/2009 at 19:59

Nafas berbunyi (bengek) adalah suara bersiul dari hembusan nafas anda. Hal ini biasanya disebabkan menyempitnya saluran udara akibat radang karena infeksi, asma, atau merokok. Pada kasus yang jarang, nafas berbunyi disebabkan oleh benda asing atau tumor yang menyumbat sebagian saluran nafas. Bila nafas anda tiba-tiba berbunyi atau menderita sesak nafas, segeralah mencari bantuan medis selekasnya.

 

YUK, mari kita telusuri karena apa “BENGEK ANDA”

@ Jika bengeknya muncul tiba-tiba dalam beberapa jam terakhir dan ketika anda batuk keluar dahak berbusa merah atau putih, Bahaya! Bawa ke rumah sakit sekarang juga! Kemungkinan penyebab adalah adanya penumpukan cairan di paru-paru, dikenal sebagai oedema/udem pulmonary (diantara dua pleura/selaput pembungkus paru). Penyebab paling umum kondisi ini adalah gagal jantung akut, yaitu jantung gagal memompa darah secara efektif.

 

Tindakan. Sambil menunggu datang bantuan, duduklah tegak di kursi. Anda mungkinakan diberi bantuan oksigen dan obat diuretic, yang akan membantu menghilangkan cairan dari paru-paru anda. Beberapa tes seperti eektrokardiografi dan sinar-X dada akan diperlukan. Pengobatan jangka panjang mungkin diperlukan untuk mencegah kambuh kembali.

 

@ Jika bengeknya mncul tiba-tiba dalam beberapa jam terakhir, Bawa ke dokter sekarang juga! Kemungkinan penyebab adalah anda mengalami serangan asma. Dokter mungkin akan mengukur tingkat hembusan tertinggi nafas anda. Bila hasilnya menunjukkan asma, anda mungkin akan diberi resep obat bronkodilator.

 

@ Jika bengeknya mncul tiba-tiba dalam beberapa jam terakhir dan nafas terasa sesak, Bawa ke rumah sakit sekarang juga! Kemungkinan penyebab adalah serangan asma yang parah.

 

Tindakan. Sambil menunggu bantuan medis, duduklah tegak dengan siku tertopang di atas meja atau sandaran kursi. Berusahalah tetap tenang. Bila anda sudah terdiagnosa mengidap asma dan hiruplah obat pereda asma dua hirupan, atau ikuti pola penanganan dari dokter anda. Di rumah sakit, anda akan diberi oksigen dan tambahan bronkodilator serta kortikosteroida.

 

@ Jika anda bengek dan anda sedang demam, bawa ke dokter dalam 24 jam. Kemungkinan penyebab adalah anda mungkin mengidap bronchitis akut, yaitu radang disaluran nafas akibat infeksi virus. Karena nafas anda berbunyi, segeralah memeriksakannya ke dokter, yang mungkin meresepkan obat bronkodilator. Selain itu ikuti saran tindakan meredakan demam (terdapat dijudul DEMAM) dan mengatasi pilek (terdapat dijudul HIDUNG BERLENDIR atau MAMPET). Bila an da menjadi sesak nafas, bawalah ke dokter segera. 

 

@ Jika nafas anda berbunyi dan anda batuk berdahak berwarna kuning kehijauan sepanjang hari, dan anda adalah perokok atau pernah merokok, maka kemungkinan penyebab adalah penyakit kronis pulmonary tersumbat. Pada kondisi ini, saluran nafas menyempit dan mengeluarkan lendir berlebihan, dan kantung udara di paru-paru rusak.  

 

Tindakan. Walau tidak bisa dipulihkan, dokter bisa meresepkan obat bronkodilator untuk membantu meredakan gejala. Anda harus berhenti merokok untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

 

@ Jika anda mulai bengek dan belum diketahui dari kemungkinan penyebab di atas, maka periksakan ke dokter

 

PERINGATAN, TANDA BAHAYA!

Bawa segera ke rumah sakit bila anda atau seseorang yang bersama anda mengalami salah satu gejala berikut:

- Sesak nafas parah yang tiba-tiba

- Lidah atau bibir berujung biru

Pakaian penderita harus dikendurkan dan ia harus didudukkan tegak.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: