Zorro Khan

KELELAHAN (Penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 22/06/2009 at 14:58

Kelelahan adalah wajar seusai pengerahan tenaga fisik berjangka lama tanpa istirahat. Hal itu wajar juga setelah sakit karena berbagai infeksi, misalnya flu atau demam, namun seharusnya kelelahan lenyap setelah 2 atau 3 minggu. Walau demikian, bila tidak jelas penyebab kelelahan anda, atau bila hal itu menghalangi kegiatan harian anda, atau bila berlarut, anda perlu memeriksanya ke dokter karena pada beberapa kasus, kelelahan bisa berarti adanya masalah kesehatan serius.

YUK, mari kita telusuri rasa “ KELELAHAN ANDA” oleh sebab apa?? ^^

@ Jika Kelelahan disertai gejala ini ataupun hanya salah satunya saja:
– Kehausan yang makin meningkat
– Lebih sering berkemih (miksi) daripada biasanya
– Pneglihatan mulai kabur
Segera bawa ke dokter dalam 24 jam.
Maka kemungkinan penyebab adalah Diabetes Melitus sebagai sebuah kemungkinan. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya produksi hormon “insulin” yang diperlukan tubuh untuk mengambil energi dari gula dan karbohidrat.

Tindakan. Dokter akan mengambil contoh darah anda untuk diperiksa tingkat gulanya. Bila diagnosanya sudah pasti, anda akan memerlukan saran-saran diet (makanan) dan pola hidup. Umumnya hal ini sudah cukup, namun ada beberapa orang yang memerlukan obat berbentuk tablet atau suntikan insulin untuk seumur hidupnya.

@ Jika Kelelahan disertai penurunan berat badan samapi 4 kg dalam 10 minggu terakhir, maka kemungkinan penyebab bisa timbul dari kelainan yang memelukan penanganan medis, dan akan kita bahas di judul “BERAT BADAN TURUN”

@ Jika kelelahan disertai salah satu gejala ini:
– Merasa dingin lebih daripada biasanya
– Rambut menipis dan getas
– Berat badan bertambah sendiri
– Kulit kering dan atau kasar
Maka kemungkinan penyebab adalah mengidap hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif). Periksakan ke dokter.

Tindakan. Dokter akan mengukur tingkat hormon tiroid dari sampel darah anda. Bila diagnosanya benar demikian, anda akan diberi resep “obat tiroid” yang harus diminum sepanjang hayat. Pemeriksaan darah sesekali diperlukan untuk memantau dosisnya.

@ Jika Kelelahan disertai salah satu gejala ini:
– Nafas sesak
– Kulit lebih pucat
– Merasa nanar
Segera bawa ke dokter dalam 24 jam.
Kemungkinan penyebab. Mungkin anda mengidap anemia, yaitu terlalu sedikit pigmen haemoglobin pembawa oksigen dalam darah anda. Anemia bisa timbul dari berbagai penyebab lain.

Tindakan. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan darah untuk memastikan diagnosa ini. Pada beberapa kasus, mungkin diperlukan beberapa tes lanjutan untuk menemukan penyebab anemianya. Penanganan anemia biasanya perlu digabung dengan penanganan penyebab lain yang mendasarinya.

@ Jika Kelelahan karena minum obat, karena beberapa jenis obat seperti beta-bloker (obat menurunkan denyut jantung dengan menghambat impuls listrik pada otot jantung) terkadang bisa berefek samping kelelahan. Tindakan adalah periksakan ke dokter dan sementara itu tetap lanjutkan minum obat yang telah diresepkan.

@ Jika kelelahan disertai salah satu gejala ini:
– Sulit berkonsentrasi
– Sulit tidur
– Kurang bersemangat
Maka Depresi bisa berkembang menjadi kelelahan dan rasa kurng bersemangat. Dan penelusuran DEPRESI akan kita bahas nanti.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: