Zorro Khan

Kegemukan (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 26/06/2009 at 17:31

Normalnya, jumlah lemak adalah 10-20% berat badan pria dan sekitar 25% bagi wanita. Jauh di atas angka itu adalah tidak sehat, meningkatkan resiko penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi, serta merusakkan sendi-sendi penopang berat badan seperti pinggu dan lutut.

Umumnya orang berangsur menjadi agak kegemukan saat menua, dan mencapai terberat di usia 50. maka telusurilah kegemukan anda jika IMT (indeks massa tubuh) atau berat terhadap tinggi anda sudah di atas batas ideal atau bila ada kelebihan lemak pinggang (lingkar pinggang di atas 89 cm untuk wanita dan 102 cm untuk pria). Kelebihan lemak di sekitar perut diduga menambah resiko penyakit jantung. Penambahan berat badan biasanya akibat makan berlebihan kadang-kadang, ada juga yang timbul karena penyebab medis.

YUK, mari kita telusuri karena apa “KEGEMUKAN ANDA”

@ Jika kegemukan anda itu menyertai hampir sepanjang hidup dan salah satu atau kedua orangtua anda juga kegemukan, maka kemungkinan penyebab akibat kebiasaan makan tidak sehat sejak kecil. Namun pada beberapa kasus diduga ada bawaan turunan untuk menjadi kegemukan.

Tindakan. Mempelajari kebiasaan baru pola makan adalah penting bila anda ingin berhasil mengendalikan berat badan. Konsultasikan ke dokter bila berat badan anda tidak mau turun, atau bila anda tidak bisa menghilangkan kelebihan berat badan anda. Ikuti saran menurunkan berat badan.

@ Jika kegemukan anda itu menyertai hampir sepanjang hidup tetapi salah satu atau kedua orangtua anda tidak kegemukan, maka kemungkinan penyebab adalah makan lebih banyak daripada kebutuhan.

Tindakan. Kurangilah asupan kalori (unit energi) dari biasanya sampai mencapai berat badan ideal anda. Bila tidak berhasil, konsultasikan ke dokter

@ Jika kegemukan setelah anda berhenti merokok, maka kemungkinan penyebab berhenti merokok seringkali menaikkan sejenak berat badan, yang tentu saja resikonya lebih rendah daripada tetap merokok. Penambahan berat badan ini mungkin sebagian karena perubahan kimiawi tubuh, namun lebih mungkin akibat dari lebih banyaknya ngemil daripada biasanya.

Tindakan. Jangan cemas atas naiknya berat badan dalam seminggu pertama setelah berhenti merokok. Tnggu sampai kebutuhan tubuh anda pada tembakau memudar dalam tubuh (setelah sekitar 8 minggu) sebelum menjalani diet penurunan berat badan.

@ kegemukan yang terjadi setelah melahirkan. Akan dibahas khusus nanti dijudul MASALAH BERAT BADAN DAN KEHAMILAN.

@ Jika kegemukan mulai ketika anda merasa sedang stres, maka kemungkinan penyebab bahwa stres memacu makan berlebihan sebagai respon atas situasi yang menekan.

Tindakan. Pilihlah makanan kecil rendah kalori seperti buah-buahan. Bila perlu, ikuti diet penurunan berat badan secara berangsur, lalu terapkan pola makan yang sehat. Namun bila terus mengalami masalah pengendalian berat badan, anda perlu bertindak mengatasi penyebab stresnya. Membicarakannya dengan dokter mungkin bisa membantu. Dokter mungkin juga bisa menyarankan cara mengatasi kecemasan.

@ Jika Kegemukan setelah suatu perubahan kehidupan atau pekerjaan, dari yang kerja aktif menjadi kerja santai, maka kemungkinan penyebab adalah kebutuhan tubuh terhadap energi tergantung pada tingkat keaktifan kegiatan harian.

Tindakan. Menyesuaikan makan dengan turunnya kebutuhan energi akan membantu mengurangi keebihan berat badan anda. Hal ini berarti mengubah kebiasaan makan yang sudah anda jalani bertahun-tahun, sehingga mungkin perlu waktu sebelum anda terbiasa dengan poa makan yang baru. Anda juga perlu menambahkan sedikit olahraga dalam jadwal harian anda. Hal ini bisa menjaga kesehatan umum anda dan memperkuat penurunan berat badan.

@ Jika kegemukan disertai salah sat gejala ini:
– kelelahan sangat
– merasa lebih dingin daripada biasanya
– kulit semakin kering dan kasar
– rambut menipis dan getas
Maka kemungkinan penyebab adalah mengidap hipertiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif). Periksakan ke dokter.

Tindakan. Dokter akan mengukur tingkat hormon tiroid dari sampel darah anda. Bila diagnosanya benar demikian, anda akan diberi resep “obat tiroid” yang harus diminum seumur hidup. Pemeriksaan darah berkala, untuk memantau dosis yang tepat.

@ Jika kegemukan karena memakai sebuah obat resep, maka kemungkinan penyebab bahwa obat resep tertentu, misalnya kortikosteroida, bisa berefek samping menaikkan berat badan. Konsultasikan ke dokter, dan sementara itu jangan hentikan pemakaian obat resepnya.

@ Kegemukan yang disababkan mengkonsumsi alkohol

@ Kegemukan sebelum usia 40 tahun, maka makan lebih dari yang dibutuhkan mungkin menjadi penyebab naiknya berat badan anda

Tindakan. Jalani diet penurunan berat badan. Bila dalam sebulan berat badan anda belum turun, mintalah saran dokter.

@ Kegemukan mulai setelah usia 40 tahun keatas, maka naiknya usia sering disertai dengan naiknya berat badan. Hal ini mungkin karena krang olahraga di saat tubuh memerlukan lebih sedikit makanan untuk fungsi-fungsi dasar tubuh.

Tindakan. Kurangi makanan dan/atau tingkatkan aktifitas untuk memulihkan keseimbangan pasokan dan pemakaian energi tubuh anda.

 

Tindakan Menurunkan Berat Badan secara aman Sendiri:

Penyebab terbanyak kenaikan berat badan adalah kombinasi terlalu banyak makan dan kurangnya aktivitas. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah menggabungkan pengurangan pasokan energi dengan olahraga teratur. Tetapkan sasaran jangka pendek yang realistic untuk penurunan berat badan, sekitar 2-4 kg dalam sebulan. Hindari program yang cepat.

Pengurangan kalori
Tipe terbaik diet penerunan berat badan adalah rendah kalori namun seimbang, agar gizi anda tetap terpenuhi. Kurangilah pasokan kalori harian anda dengan 500-1000 kalori. Saran-saran berikut akan bisa menolong:

– kurangi makanan berlemak, pengganti yang baik adalah roti wholemeal, kentang, dan pasta.

– pilih makanan panggang atau oven dibanding dengan yang digoreng

– hindari terlalu banyak ngemil

– hindari alkohol

– hindari jajan etika sedang lapar

 Olahraga

Olahraga rutin menguntungkan kesehatan anda dan juga membantu menurunkan berat badan. Olahraga tidak harus berat, namun anda harus berusaha melakukannya selama 30 menit, 5 kali dalam seminggu. Olahraga tidak hanya membakar kalori namun juga menaikkan tingkat metabolisme basal (BMR), yaitu tingkat pemakaian energi tubuh di saat istirahat untuk menjaga berbagai proses dasar tubuh misalnya bernafas dan pencernaan. Bila BMR meningkat, anda menggunakan lebih banyak energi, dan dengan menjalankan diet pengontrol kalori, anda bisa menurunkan berat badan.

 

Olahraga rutin

Olahraga rutin seperti bersepeda, misalnya, bisa mempercepat penurunan berat badan. Sisihkan waktu setiap hari untuk olahraga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: