Zorro Khan

DEMAM (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 03/07/2009 at 00:41

Demam adalah suhu tubuh diatas – + 37,6 drajatC. Walau bisa merupakan gejala banyak penyakit, namun biasanya menunjukkan bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Pemaparan terhadap panas dan obat tertentu juga akan menaikkan suhu tubuh. Anda bisa menduga terserang demam bila anda juga merasa menggigil, panas dan dingin bergantian, dan secara umum merasa tidak enak badan. Untuk memeriksa demam, gunakan thermometer pengukur suhu secara cermat

 

YUK, mari kita telusuri karena apa “DEMAM ANDA”

 

@ Jika demam disertai ruam di kulit, maka akan dibahas lebih lanjut di judul RUAM KULIT DISERTAI DEMAM nanti.

 

@ Jika demam disertai salah satu gejala berikut:

– Sakit kepala parah

– Nyeri leher saat menundukkan kepala

– Tidak suka cahaya terang

– Mengantuk atau bingung

Maka ini BAHAYA!! Bawa ke rumah sakit sekarang juga! Karena kemungkinan penyebab adalah gejala meningitis, yaitu radang selaput otak akibat infeksi.

 

Tindakan. Bila diduga meningitis, anda harus segera dibawa rumahsait. Anda akan ditangani segera dengan antibiotika dan mungkin perlu perawatan intensif

 

@ Jika demam disertai batuk dan nafas terasa sesak, walau sedang istirahat, dan/atau ada keluar dahak kecoklatan saat batuk. Bawa ke dokter sekarang juga!

Maka kemungkinan penyebab terjadi infeksi organ paru, misalnya pneumonia (infeksi ruang udara di paru-paru). Hal ini bisa serius, terutama pada mereka yang sudah memiliki kesehatan buruk.

 

Tindakan. Sambil menunggu bantuan medis, lakukan langkah mengatasi demam. Bila benar hal itu adalah pneumonia, dokter akan memberikan resep antibiotika dan meminta anda menjalani pemeriksaan sinar-X (roentgen) dada. Mungkin perlu dirawat-inap.

 

@ Jika demam disertai batuk berdahak kuning keabu-abuan, maka kemungkinan penyebab adalah Bronkitis akut (radang saluran pernapasan di dalam paru-paru) akibat infeksi virus. Lakukan langkah-langkah mengatasi demam. Bila anda merokok, hentikan segera. Biasanya tidak perlu penanganan medis, namun harus diperiksakan ke dokter bila belum membaik dalam beberapa hari. Bila anda menjadi tidak bisa bernapas sama sekali, segeralah periksakan  ke dokter.

 

@ Jika demam disertai batuk dan terdapat salah satu dari gejala berikut:

– Sakit kepala ringan

– Nyeri di anggota badan

– Hidung berlendir

Maka kemungkinan penyebab adalah infeksi virus, misalnya flu

Tindakan. Atasi demamnya. Hubungi dokter bila anda menjadi tak bisa bernafas atau bila anda tidak membaik dalam 48 jam (2 hari)

 

@ Jika demam disertai batuk dan mengeluarkan darah. Bawa ke dokter dalam 24 jam, karena kemungkinan penyebab adalah adanya kelainan serius di paru-paru, seperti tuberkulosis atau kanker paru-paru

 

Tindakan. Dokter mungkin akan meminta tes darah dan dahak, serta pemeriksaan sinar-X (roentgen) dada. Boleh jadi anda akan dirujuk ke spesialis untuk menjalani beberapa tes, seperti bronkoskopi, yang akan memastikan bentuk penanganan yang diperlukan.

 

@ Jika demam disertai tenggorokan terasa serak, akan kita bahas lebih lanjut di judul TENGGOROKAN SERAK nanti.

 

@ Jika demam disertai salah satu gejala berikut:

– Nyeri di satu atau kedua sisi punggung

– Buang air kecil lebih sering daripada biasanya

– Nyeri untuk buang air kecil

– Urin tak berwarna atau keruh

Bawa ke dokter dalam 24 jam, kemungkinan penyebab adalah radang ginjal (pyelonefritis) atau radang kandung kemih (sistitis) akibat infeksi.

 

Tindakan. Dokter akan memeriksa contoh urin untuk mencari tanda-tanda infeksi. Mungkin akan diberikan antibiotika. Wanita yang sudah beberapa kali terinfeksi atau pria yang pernah terinfeksi mungkin memerlukan tes lebih lanjut, misalnya scan ultrasonic, untuk memeriksa adanya penyebab lain yang mendasarinya.

 

@ Jika anda batuk didaerah/ negeri beriklim tropis (seperti Indonesia), bawa ke dokter dalam 24 jam. Maka kemungkinan penyebab sejenis penyakit tropis, seperti misalnya malaria atau tifoid.

 

Tindakan. Bila menduga ini akibat penyakit tropis, dokter akan meminta anda menjalani beberapa tes, termasuk tes darah dan tes tinja. Bentuk penanganan akan tergantung pada hasil tes.

 

@ Jika demam dan anda seorang wanita disertai keluar cairan asing dari vagina yang disertai juga nyeri lambung bagian bawah. Bawa ke dokter dalam 24 jam. Kemungkinan penyebab adalah radang panggul, peradangan organ-organ reproduksi, bisa juga akibat infeksi menular seksual.

 

Tindakan. Dokter akan melakukan beberapa tes untuk memastikan diagnosa ini. Mungkin anda akan diberi pereda nyeri dan resep antibiotic.

 

@ Jika demam dan anda baru saja terjemur terik matahari atau udara yang sangat panas maka kemungkinan penyebab terpapar panas menyebabkan naiknya suhu tubuh anda.Untuk menurunkannya, istirahatlah di ruangan yang sejuk dan minumlah banyak air dingin. Bila temperatur anda belum turun dalam sejam. Segera periksakan ke dokter.

 

@ Jika demam adalah berulang dalam beberapa minggu kemudian, terkadang disertai turunnya berat badan tanpa disengaja. Bawa ke dokter dalam 24 jam. Kemungkinan penyebab suatu kelainan serius seperti tuberkulosis, kanker bonggol limfe, atau sakit sertaan dari AIDS.

 

@ Jika demam belum turun juga setelah 2 hari dan belum juga diketahui perkiraan penyebab dari hal-hal diatas, maka segera bawa ke dokter dalam 24 jam.

 

 

TINDAKAN SENDIRI MENGATASI DEMAM

Ketika sedang tidak sehat, ukurlah suhu badan tiap 4 jam sekali. Bila menggunakan thermometer air raksa, kibaskan baik-baik sampai air raksanya turun sampai di bawah 36 drajatC, jepit di bawah lidah atau ketiak, dan biarkan selama 3 menit. Termometer digital juga bisa diletakkan di bawah lidah atau ketiak. Bila mengukur suhu dari ketiak, tambahkan 0,6 drajatC dari yang tertera pada thermometer untuk mendapatkan suhu/temperatur yang sesungguhnya. Anda menderita demam bila temperatur bila temperatur 37,6 drajatC atau lebih.

Mengurangi demam.

Mengurangi demam akan membuat anda merasa  lebih baik. Istirahatlah di kamar yang relatif dingin, minum banyak air dingin, dan minumlah parasetamol, aspirin, atau ibuprofen untuk menurunkan demamnya.

 

Mengukur temperatur.

Meletakkan thermometer di bawah lidah biasanya cara termudah untuk mengukur temperatur tubuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: