Zorro Khan

BERKERINGAT BERLEBIHAN (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 08/07/2009 at 19:36

Berkeringat adalah mekanisme alami untuk mengatur temperatur tubuh dan respon normal terhadap kondisi panas atau aktifitas fisik berat. Ada sebagian orang yang berkeringat lebih banyak dari orang lain, maka bila anda selalu berkeringat banyak, agaknya tak ada yang perlu dicemaskan. Namun, berkeringat yang bukan akibat panas atau aktifitas luar biasa mungkin merupakan tanda adanya suatu kondisi medis.

YUK, mari kita telusuri karena apa “KERINGAT BERLEBIHAN ANDA”

@ Jika di hari biasa anda sering banyak berkeringat dan berat anda di atas ideal untuk tinggi badan anda (cara ukur IMT anda bisa lihat di judul “BERAT BADAN TURUN bagi orang dewasa” di blog ini) maka kemungkinan penyebab adalah kegemukan.

@ Jika dihari biasa anda sering banyak berkeringat dan disertai salah satu gejala berikut:
– Berat badan turun tanpa jelas sebabnya
– Merasa selalu waswas
– Mata menyembul
– Tangan gemetar
Maka kemungkinan penyebab adalah Hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif). Periksakan ke dokter.
Tindakan. Dokter akan memeriksa tingkat hormon tiroid dari contoh darah anda. Bila diagnosanya benar, anda mungkin akan diberi obat tiroid atau radioaktif iodine, yang biasanya efektif seketika. Kadang-kadang diperlukan pembedahan untuk mengangkat sebagian kelenjar tersebut.

@ Jika di hari biasa anda sering banyak berkeringat saat tidur sampai anda terbangun dan anda mengidap batuk rejan (terus-terusan), dan/atau berat badan anda turun banyak, maka segera bawa ke dokter dalam 24 jam, dan kemungkinan penyebab adalah infeksi kronis seperti tuberkulosis, sakit yang menyertai AIDS, atau sejenis kanker.

Tindakan. Setelah penelitian awal dengan misalnya sinar-X serta tes darah, dokter anda mungkin akan merujuk ke spesialis untuk tes lebih lanjut ataupun penanganan lebih cermat.

@ (bagi wanita) Jika di hari biasa anda sering banyak berkeringat saat tidur sampai anda terbangun dan usia anda di atas 45 tahun dan haid anda menjadi jarang dan kacau;
Atau Jika anda merasa gerah dan berkeringat selama beberapa menit sekali, dan usia anda di atas 45 tahun dan haid anda menjadi jarang dan kacau maka ini merupakan episode merasa gerah dan berkeringat yang disebut ‘hot flushes’ yaitu gejala wajar di awal timbulnya masa menopause.

Tindakan. Banyak wanita yang sudah siap menghadapi ‘hot flushes’, tahu bahwa hal itu akan hilang sendiri dalam sekitar setahun. Namin anda bisa menanyakannya ke dokter, yang akan memberikan saran terapi penggantian hormon.

@ Jika anda banyak berkeringat saat tidur maupun tidak, dan suhu badan and anda 38 drajatC atau lebih (demam), maka berkeringat adalah respon tubuh terhadap demam dan bagian dari mekanisme normal pengatur temperatur tubuh

@ (bagi wanita) Jika anda berkeringat berlebihan saat haid, maka pada sebagian wanita, perubahan tingkat hormon seks bisa menyebabkan peningkatan keringat saat haid. Hal ini tak perlu dicemaskan, namun periksakan ke dokter bila anda khawatir.

@ anda berkeringat berlebihan bisa disebabkan karena minum alkohol

@ Jika berkeringat berlebihan karena sedang minum obat resep dokter ataupun obat bebas, maka obat tertentu, misalnya beberapa jenis antidepresan dan aspirin, mempunyai efek samping keringat berlebihan. Hentikan pemakaian obat bebas dan konsultasikan ke dokter. Sementara itu, jangan hentikan pemakaian obat yang diresepkan dokter.

@ Jika berkeringat berlebihan hanya ada di tangan dan kaki, maka kemungkinan penyebab bahwa tangan dan kaki memiliki kelenjar keringat terbanyak. Karena itu, bagian tubuh ini (yakni tangan dan kaki) akan bereaksi paling nyata terhadap kenaikan temperatur tubuh. Hal semacam ini tidak perlu dicemaskan.

Tindakan. Bila keringat semakin banyak saat anda sedang waswas atau cemas, berlatihlah relaksasi yang bisa digunakan saat-saat menegangkan. Cuci tangan dan kaki anda lebih sering. Bila langkah tersebut kurang efektif, konsultasikan ke dokter.

@ Jika anda berkeringat berlebihan saat anda sedang cemas atau sangat girang maka ketegangan emosi bisa meningkatkan keringat. Hal ini sendiri tidak perlu dicemaskan, namun bila hal itu selalu terjadi sehingga anda malu, berlatihlah relaksasi. Konsultasikan ke dokter bila relaksasi kurang berhasil membantu

@ Jika berkeringat berlebihan dan usia anda masih belasan tahun, maka pada remaja, kelenjar keringat apokrin menjadi aktif. Hal ini biasanya berkaitan dengan peningkatan keringat yang terutama jelas tampak di bawah lengan (ketiak). Hal ini sangat normal.

Tindakan. Pastikan anda rajin mandi. Anda mungkin juga perlu memakai deodorant antiperspirant untuk mengurangi keringat dan mencegah bau badan

@ Jika kemungkinan–kemungkinan penyebab diatas belum ada pada keluhan keringat anda, maka periksakan ke dokter.

 

KELENJAR KERINGAT
Kelenjar keringat terdapat di lapisan kulit yang bernama dermis dan membasahi (mengeluarkan keringat) melalui pori-pori di permukaan kulit. Ada dua jenis kelenjar keringat (kelenjar ekrin dan apokrin) yang masing-masing mengeluarkan keringat yang berbeda.

Kelenjar ekrin.
Kelenjar ini ada di seluruh tubuh dan aktif sejak lahir. Keringat dari sini adalah cairan jernih asin mengandung berbagai buangan kimiawi tubuh. Keringat berevaporasi (menguap) di permukaan kulit untuk menurunkan temperatur sesuai kebutuhan. Kelenjar ekrin juga memproduksi keringat saat kita waswas atau takut. Kelenjar ekrin terbanyak ada di dahi, telapak tangan dan kaki, dan keringat berlebihan biasanya dimulai dari daerah-daerah tersebut.

Kelenjar apokrin
Di usia remaja, kelenjar apokrin menjadi aktif. Kelenjar ini terutama terdapat di ketiak, daerah kelamin, dan sekitar putting. Kelenjar ini menghasilkan cairan berisi lemak dan protein. Aroma dari kelenjar jenis ini diduga berperan dalam menarik perhatian lawan jenis. Namun, bila dibiarkan tinggal dikulit cukup lama, bisa berinteraksi dengan bakteri dan menimbulkan bau badan.

 

MENGATASI BERKERINGAT BERLEBIHAN
Keringat berlebihan bisa sangat memalukan, terutama bila hal itu menimbulkan bau badan atau membuat tangan menjadi basah dan licin. Sering mandi dan memakai pakaian dari serat alam yang menyerap keringat akan bisa mengurangi bau badan. Deodoran ketiak yang mengandung anti-perspiran akan membantu mengurangi keringat dari ketiak. Deodoran seperti itu bisa dibeli dalam bentuk spray (semprot), roll-on, atau pun krim. Semua deodorant ini sama efektifnya.
Bila langkah-langkah tersebut tidak membantu mengatasi keringat berlebihan, tanyakan ke petugas apotik atau dokter. Selain itu, dokter bisa meresepkan gel atau krim mengandung aluminium khlorida untuk dioleskan ke kulit untuk mengurangi aktifitas kelenjar keringat.

  1. THANK’S
    FOR SARAN 2XNYA………

  2. Yu’re very welcome..Alhamdulillah ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: