Zorro Khan

SAKIT KEPALA (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 09/07/2009 at 20:19

Setiap saat hampir semua orang mengalami sakit kepala dari yang ringan sampai yang sedang berangsur timbul dan hilang sendiri setelah beberapa jam, tanpa meninggalkan efek lanjut. Sakit kepala seperti ini agaknya bukan menandakan adanya gangguan kesehatan serius dan biasanya akibat dari faktor-faktor ketegangan, kelelahan, atau konsumsi alkohol. Namun, bila sakit kepala anda sangat berat, berlangsung lebih dari 24 jam, tidak membaik setelah minum obat bebas pereda-nyeri, atau kambuh beberapa kali dalam seminggu, segeralah periksakan ke dokter

YUK, mari kita telusuri karena apa “SAKIT KEPALA ANDA”

@ Jika sakit kepala dan suhu tubuh anda 38 drajatC atau lebih, maka banyak penyakit yang menyebabkan demam juga menimbulkan sakit kepala, dan sudah dibahas lebih lanjut dijudul “DEMAM”

@ Jika sakit kepala dan anda baru terkena cedera kepala dalam 24 jam terakhir, maka kemungkinan penyebab adalah sakit kepala ringan adalah normal setelah sebuah cedera kepala ringan.

Tindakan. Lakukan langkah-langkah mengatasi sakit kepala (di bawah). Bila hal itu kurang menolong atau sakit kepala anda bertahan sampai lebih dari 24 jam, periksakan ke dokter.

@ Jika sakit kepala dan anda baru terkena cedera kepala dan disertai gejala muntah atau salah satu gejala berikut:
– Ruam datar merah gelap (dikulit kepala tampak ada warna merah gelap) yang tidak hilang bila ditekan
– Mengantuk atau bingung
– Anggota tubuh lunglai
– Penglihatan kabur
– Hilang kesadaran
Ini merupakan TANDA BAHAYA, segera bawa ke rumah sakit sekarang juga, kemungkinan penyebab mungkin mencederai otak.

Tindakan. Anda mungkin harus menjalani beberapa pemeriksaan, meliputi sinar-X tengkorak atau MRI kepala, dan perlu rawat-inap untuk diawasi lebih cermat

@ Jika sakit kepalanya parah, dan timbul mendadak dalam beberapa menit, maka bawa ke dokter sekarang juga, karena mungkin terjadi perdarahan subarachnoid (lapisan otak), yaitu perdarahan di dalam tengkorak akibat runtuh/robeknya pembuluh darah.

Tindakan. Dokter mungkin akan merujuk anda ke rumah sakit untuk segera di CT-scan untuk memastikan diagnosanya. Mungkin anda akan memerlukan perawatan intensif, dan pada beberapa kasus, bisa memerlukan pembedahan untuk menghentikan perdarahan.

@ Jika sakit kepala anda disertai rasa mual atau juga muntah dan penglihatan anda kabur, maka bawa ke dokter sekarang juga, karena kemungkinan penyebab adalah glaucoma akut, yaitu sebuah kelainan serius di mana kelebihan cairan dalam bola mata menimbulkan tekanan di mata, terutama bila usia anda di atas 40 tahun.

Tindakan. Bila benar demikian diagnosanya, mungkin anda akan dirusak ke rumah sakit untuk diberi obat penurun tekanan bola mata tersebut. Obat bisa diberikan dalam bentuk tetes mata, oral, ataupun melalui infuse. Setelah tekanan bisa diturunkan, mungkin akan dilakukan operasi untuk memperbaiki saluran cairan dari mata.

@ Jika sakit kepala anda disertai merasa mual atau juga muntah dan penglihatan anda terasa berbeda, atau terganggu menjelang menjelang serangan sakit kepala, maka bawa ke dokter sekarang juga, karena kemungkinan penyebab serangan pertama migren, yaitu sakit kepala parah yang bisa timbul di satu sisi kepala.

Tindakan. Dokter akan memeriksa untuk menyingkirkan semua kemungkinan penyebab lain. Gejalanya seringkali diredakan dengan pereda nyeri dan antiemetika, minum banyak cairan, dan beristirahatlah di tempat yang gelap dan tenang. Bila anda mengalami serangan susulan, ikuti langkah mengurangi frekuensi migren (di bawah). Bila langkah sendiri tersebut tidak menolong atau serangannya tetap sering, dokter mungkin akan memberikan obat tertentu.

@ Jika sakit kepala anda dan nyerinya amat terasa di wajah, dan makin memburuk ketika anda membungkuk, maka kemungkinan penyebab adalah sinusitis (radang selaput pembatas rongga tengkorak), terutama bila anda baru-baru ini mengalami pilek, hidung tersumbat, atau hidung berlendir.

Tindakan. Cobalah menghirup uap (panas). Obat pereda nyeri juga bisa menolong. Periksakan ke dokter bila gejalanya tidak hilang dalam 24 jam, mungkin anda memerlukan antibiotic.

@ Jika anda sakit kepala dan nyeri terutama terasa di pelipis, dan/atau daerah tersebut perih bila diraba. Bawa ke dokter sekarang juga. Kemungkinan penyebab adalah arteritis temporal (radang pembuluh darah arteri di kulit kepala bagian temporal), bisa memerlukan penanganan segera untuk mencegah agar tidak mengenai arteri pemasok mata yang bisa menyebabkan kebutaan.

Tindakan. Dokter mungkin akan meresepkan kortikosteroida untuk mengurangi peradangan. Mungkin anda perlu menjalani tes-darah secara berkala untuk memastikan dosis anda cukup untuk mengontrol peradangannya.

@ Jika anda sakit kepala terjadi setelah anda membaca atau melakukan pekerjaan dekat dengan tubuh, maka kemungkinan penyebab, regangan otot di leher, akibat sikap tubuh yang buruk atau ketegangan akibat konsentrasi.

Tindakan. Lakukan tindakan sendiri untuk meredakan sakit kepala (di bawah). Untuk mencegah kambuh lagi, pastikan di saat membaca carilah posisi duduk yang enak. Istirahat sesekali dari apapun yang sedang anda lakukan juga akan membantu. Bila sakit kepalanya kambuh, cobalah lakukan tes penglihatan di ahli optic atau periksakan ke dokter.

@ Jika anda sakit kepala dan anda kurang tidur dan/atau and sedang tegang atau di bawah tekanan, maka kemungkinan penyebab kurang tidur bisa menyebabkan sakit kepala. Tekanan psikologis juga bisa menyebabkan sakit kepala. Lakukan tindakan sendiri untuk meredakan sakit kepala (di bawah)

@ Jika anda sakit kepala dan anda sedang minum obat resep dokter, maka obat tertentu, termasuk pil KB, bisa membawa efek samping sakit kepala. Periksakan ke dokter, yang mungkin bisa memberikan obat pengganti bila kemungkinan penyebabnya adalah obat. Sementara itu, jangan hentikan pemakaian obat resep dokter apapun.

@ (bagi wanita) Jika anda sakit kepala dan anda sedang hamil, maka sakit kepala adalah wajar di saat hamil maupun di saat lain. Namun, bila disertai dengan kaki atau pergelangan kaki membengkak, penglihatan kabur, atau muntah, segeralah periksakan ke dokter atau bidan. Mungkin anda menderita pre-eklamsia, suatu kondisi yang bisa mengancam jiwa anda dan janin anda.

Tindakan. Dokter akan mengukur tekanan darah dan memeriksa urin mencari tanda-tanda pre-eklamsia. Mungkin anda perlu dirawat-inap untuk pengawasan janin

@ Kebanyakan sakit kepala adalah gangguan ringan akibat stres dan ketegangan hidup keseharian. Bila sakit kepala sampai bertahan semalam atau bila anda mengalami gejala lain, bawalah ke dokter dalam waktu 24 jam

 

TINDAKAN SENDIRI MENGURANGI FREKUENSI MIGREN
Banyak faktor dikenal sebagai pencetus migren. Anda perlu mengenali persis pencetus ini. Menyiapkan sebuah catatan riwayat migren selama beberapa minggu akan bisa membantu anda menentukan setiap faktor pencetus, yang kemudian perlu dihindari sedapat mungkin. Langkah-langkah sendiri berikut bisa menolong mengurangi frekuensi serangan migren:
– Hindari makanan jenis cokelat, faktor pencetus paling umum.
– Makanlah teratur, karena terlambat akan bisa menjadi pencetus serangan migren.
– Sebisa mungkin ikut pola tidur teratur, karena hal itu juga bisa mencetuskan migren.
– Bila pencetusnya adalah stres, cobalah berlatih relaksasi.

 

TINDAKAN SENDIRI MEREDAKAN SAKIT KEPALA
Pada umumnya sakit kepala tidak berbahaya, hanya akibat tekanan hidup kesehatan. Untuk meredakan sakit kepala, beristirahatlah sejenak untuk mencari udara segar. Pijatlah leher, dan otot-otot bahu, banyak minum air putih. Bila langkah itu kurang menolong, istirahatlah di tempat tenang, sejuk dan gelap, serta minumlah obat pereda nyeri sesuai dosis yang dianjurkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: