Zorro Khan

PUSING (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 10/07/2009 at 19:29

Merasa pusing sesaat adalah sebuah pengalaman biasa dan tidak terlalu mencemaskan. Namun pusing berat (sering disebut vertigo), ketika segalanya terasa berputar, bukanlah hal wajar kecuali anda baru minum alkohol atau sesudah anda (bermain) berputar-putar. Pusing juga bisa merupakan simtom/ gejala sebuah kelainan tersembunyi dan memerlukan perhatian dokter.

YUK, mari kita telusuri karena apa “PUSING ANDA”

@ Jika anda pusing disertai salah satu gejala berikut:
– Sulit berbicara
– Penglihatan kabur
– Kebas, semutan, atau lunglai di salah satu bagian tubuh
– Bingung
Dan kemudian semua gejala tersebut sudah lenyap, maka bawa ke dokter sekarang juga. Kemungkinan penyebab, bila usia anda di atas 40 tahun adalah transient aschaemic attack (TIA), dimana sebuah endapan darah menyumbat sesaat pembuluh darah pemasok otak. Pada usia lebih muda, suatu kelainan syaraf adalah sebuah kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Tindakan. Berapapun usia anda, diperlukan pemeriksaan segera. Mungkin anda perlu menjalani beberapa tes seperti MRI untuk mencari penyebab dan penanganan penyebab.

@ Jika anda pusing disertai salah satu gejala berikut:
– Sulit berbicara
– Penglihatan kabur
– Kebas, semutan, atau lunglai di salah satu bagian tubuh
– Bingung
Dan gejala tersebut masih dirasakan. Bahaya! Bawa ke rumah sakit sekarang juga! Kemungkinan penyebab, bila usia anda di atas 40 tahun adalah stroke, yaitu terdapat kerusakan permanen di satu bagian otak akibat terhentinya pasokan darah ke daerah tersebut. Pada usia lebih muda, suatu kelainan sistem syaraf adalah kemungkinan penyebab.

Tindakan. Berapapun usia anda, diperlukan pemeriksaan segera di rumah sakit. Mungkin anda perlu menjalani beberapa tes seperti MRI untuk mencari penyebab dan penanganan penyebab.

@ Jika anda pusing dan anda baru saja merasakan mual dan/atau terserang muntah-muntah, maka bawa ke dokter dalam 24 jam, maka kemungkinan penyebab adalah labirintitis, yaitu radang pada sebagian telinga bagian dalam yang berkaitan dengan keseimbangan (lihat MENJAGA KESEIMBANGAN TUBUH ANDA di bawah). Kondisi ini akibat infeksi virus.

Tindakan. Tidak ada penyembuh khusus untuk labirintitis, namun dokter mungkin akan memberikan obat anti emetika/ anti muntah untuk meredakan gejalanya. Ketika gejalanya parah, anda harus berbaring dan berusaha diam sebisa mungkin. Kondisi ini bisa berangsur membaik, namun bisa berlangsung sampai 2-3 minggu.

@ Jika anda pusing dan telinga anda berdenging dan/atau hilang pendengarannya, maka bawa ke dokter dalam 24 jam. Kemungkinan penyebab adalah penyakit meniere, ini kelainan yang jarang terjadi, yaitu meningkatnya cairan di labirin, bagian telinga yang berkaitan dengan keseimbangan (lihat MENJAGA KESEIMBANGAN TUBUH ANDA di bawah), menimbulkan masalah pendengaran dan pusing. Penyakit ini biasanya timbul di usia paruh baya.

Tindakan. Dokter mungkin akan merujuk anda ke spesialis untuk menjalani tes pendengaran. Sesudah diagnosanya pasti, mungkin anda akan diberi obat untuk mengurangi cairan di telinga bagian dalam. Kadang-kadang diperlukan operasi.

@ Jika anda pusing saat anda memalingkan kepala atau mendongakkan kepala, maka kemungkinan penyebab adalah akibat cervical spondylosis (arthritis di tulang leher), yang menimbulkan tekanan pada pembuluh darah di leher ketika berpaling atau mendongak, dan berakibat pusing. Periksakan ke dokter, yang mungkin akan melakukan sinar-X leher. Bila benar itu diagnosanya, mungkin anda memerlukan penopang leher untuk membatasi gerak leher.

@ Jika gejala pusing anda tidak terdapat pada kemungkinan penyebab di atas, maka periksakan ke dokter.

MENJAGA KESEIMBANGAN TUBUH
Sebuah struktur di telinga bagian dalam yang disebut labirin membantu anda menjaga keseimbangan. Struktur ini terdiri dari 3 tabung berisi cairan (disebut kanal-kanal setengah lingkaran) yang saling membuat sudut yang sama satu dengan yang lainnya. Setiap gerakan kepala akan menyebabkan cairan bergerak dan memantik sel-sel rambut di dalam kanal untuk mengirim sinyal ke otak. Sinyal tersebut, bersama informasi lain dari tubuh, lalu di proses untuk menjaga keseimbangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: