Zorro Khan

KEDUTAN atau GEMETAR (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 11/07/2009 at 23:06

Gerakan seperti ini meliputi kedutan kecil sampai ke gemetar berulang-ulang berkepanjangan pada kaki, tangan, atau kepala. Episoda singkat biasanya hanya akibat kelelahan atau tegang dan jarang perlu dikhawatirkan. Gerakan menyentak yang terjadi saat anda tertidur adalah juga termasuk wajar dan tidak berbahaya. Namun, kadang-kadang, gerakan tak-sadar bisa disebabkan masalah yang memerlukan penanganan medis, seperti misalnya banyak konsumsi alkohol atau kelainan neurologist.

 

YUK, mari kita telusuri karena apa “KEDUTAN atau GEMETAR ANDA”

 

@ Jika kedutan atau gemetar terbatas pada kedutan singkat di daerah sempit tubuh, seperti di pelupuk mata, maka kemungkinan penyebab adalah lelah atau ketegangan sering bisa menimbulkan kedutan ringan seperti ini, yang akan hilang sendiri. Bila berkepanjangan, atau bila membuat anda cemas, periksakan ke dokter.

 

@ Jika usia anda di atas 55 tahun dan gemetarnya makin memburuk ketika bagian tubuh yang gemetar sedang beristirahat, maka kemungkinan penyebab adalah Parkinson, sebuah kelainan di pusat saraf di otak yang membantu mengontrol gerakan tubuh. Periksakan ke dokter.

 

Tindakan. Setelah diagnosanya pasti, dokter mungkin meminta anda memeriksakan diri setiap beberapa bulan untuk dipantau kondisinya. Pada kasus ringan, mungkin tidak diperlukan perawatan. Namun bila gejalanya semakin parah, dokter bisa meresepkan obat untuk membantu meredakannya.

 

@ Jika anda gemetar dan anda baru berhenti atau mengurangi minum alkohol setelah menjadi peminum berat, maka bawa ke dokter dalam 24 jam, karena penghentian seketika alkohol setelah mengkonsumsi tinggi secara berkepanjangan, bisa menimbulkan gemetar tak terkendali. Ini adalah tanda bahwa anda sudah ketergantungan dengan alkohol.

 

Tindakan. Dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk memeriksa apakah alkohol sudah merusak organ-organ dalam, misalnya hati. Dokter akan memberi saran cara yang baik untuk melepas dari ketergantungan ini. Mungkin anda akan dirujuk ke kelompok swadaya anti-alkohol.

 

@ Jika anda banyak minum teh, kopi, atau cola (terutama kopi) sebelum timbulnya kedutan atau gemetar, maka kemungkinan penyebab adalah kebanyakan kafein bisa menyebabkan kedutan dan gemetar.

 

Tindakan. Jangan lagi minum minuman yang berkafein selama beberapa jam berikutnya, maka gejala itu akan hilang sendiri. Bila anda mengalami gejala ini secara berkala, kurangi asupan kefein. Bila gejalanya masih menetap, periksakan ke dokter.

 

@ Jika anda gemetar atau kedutan dan anda sedang minum obat resep dokter atau baru berhenti memakai obat tidur atau penenang, maka kemungkinan penyebab gejala ini mungkin efek samping dari obat resep tertentu, atau efek dari penghentian pemakaian obat tidur ataupun penenang. Konsultasikan ke dokter. Sementara itu jangan hentikan pemakaian obat resepnya.

 

@ Jika gemetar anda berkaitan dengan satu atau lebih gejala berikut:

– Berat badan turun tanpa sebab

– Merasa selalu waswas

– Berkeringat berlebihan

– Mata menonjol

Maka kemungkinan penyebab adalah Hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif). Periksakan ke dokter.Tindakan. Dokter akan memeriksa tingkat hormon tiroid dari contoh darah anda. Bila diagnosanya benar, anda mungkin akan diberi obat tiroid atau iodine radioaktif, yang biasanya efektif seketika. Kadang-kadang diperlukan pembedahan untuk mengangkat sebagian kelenjar tersebut.

 

PERINGATAN

Bila kedutan dan gemetar disertai dengan hilang kesadaran, mungkin itu adalah serangan ayan. Bila anda menyaksikan gejala seperti ini menimpa seseorang, segera bawalah ke rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: