Zorro Khan

HIDUNG BERLENDIR atau MAMPET (penelusuran ringkas)

In "GEJALA SAKIT" oleh apa? on 16/07/2009 at 06:25

Kebanyakan orang mengalami hidung berlendir atau mampet sekurangnya sekali setahun. Penyebab umumnya adalah iritasi dinding dalam hidung. Iritasi ini bisa karena infeksi virus misalnya pilek, atau dari reaksi alergi, misalnya alergi rhinitis musiman, alergi debu.

Mimisan mungkin karena penyebab khusus, misalnya cedera atau hidung terpukul keras, namun akan terjadi seketika, hal itu akan menjadi serius pada usia di atas 50 tahun.

YUK, mari kita telusuri karena apa “HIDUNG BERLENDIIR atau MAMPET ANDA”

@ Jika hidung anda berlendir atau tersumbat selama lebih dari 1 bulan, maka kemungkinan penyebab adalah anda mengidap alergi terhadap bahan tertentu, misalnya debu rumah atau bulu binatang. Kondisi ini, sering disebut rhinitis alergi perennial, sama dengan demam jerami, namun bisa timbul setiap saat.

Tindakan. Bila mengetahui pemicu alergiya, usahakan menghindarinya. Banyak tersedia obat bebas antialergi, namun bila tidak menolong, periksakan ke dokter, yang bisa meresepkan obat lain.

@ Jika hidung anda berlendir atau tersumbat selama lebih dari 1 bulan dan gejalanya semakin memburuk, maka kemungkinan penyebab anda mengidap polip rongga hidung, yaitu jaringan dinding hidung tumbuh berlebih. Kemungkinan lain, anda mengalami infeksi sinus menetap. Periksakan ke dokter.

Tindakan. Dokter akan merujuk anda ke rumah sakit untuk menjaani pemeriksaan menyeluruh hidung-tenggorokan. Bila sinus anda terkena, mungkin anda perlu pemeriksaan sinar-X atau MRI. Penanganan bisa mencakup pembedahan atau pengobatan.

@ Jika keluar cairan encer dari hidung anda disertai adanya anggota tubuh yang pega dan teggorokan serak, maka kemungkinan penyebab adalah pilek biasa atau infeksi virus lain.

Tindakan. Ikuti langkah-langkah meredakan gejalanya (MENGATASI PILEK di bawah). Bila gejalanya tidak menghilang dalam 2 minggu, konsultasikan ke dokter.

@ Jika keluar cairan encer dari hidung anda disertai gatal pada mata, , maka kemungkinan penyebab adalah demam jerami (alergi rhinitis musiman). Kondisi ini disebabkan alergi terhadap bunga rumput dan biasa timbul di musim semi atau musim panas.

Tindakan. Usahakan tetap berada di dalam rumah ketika banyak bunga rumput beterbangan. Dan hindari daerah berumput tinggi. Pil antihistamin atau tetes hidung kortikosteroid yang dijual bebas juga akan bisa menolong.Bila semua itu tidak efektif, periksakan ke dokter, yang akan bisa meresepkan obat yang lain.

@ Jika Hidung anda mengeluarkan cairan hijau atau kuning dan/atau nyeri di wajah, maka kemungkinan penyebab adalah sinusitis, radang diselaput penyekat rongga tulang wajah. Obat pereda nyeri akan membantu meredakan. Anda juga bisa mencoba menghirup uap panas: isikan air panas ke sebuah mangkuk sampai sepertiganya, lalu hiruplah uapnya selama beberapa menit. Bila tidak membaik dalam 48 jam, periksakan ke dokter, yang akan bisa meresepkan antibiotika.

@ jika hidung mampet atau berlendir anda belum diketahui kemungkinan penyebab di atas, maka periksakan ke dokter.

 

MIMISAN
Mimisan bisa disebabkan benturan di hidung, terpukul, atau infeksi rongga hidung, atau bisa juga tanpa sebab yang jelas. Mimisan terutama bisa serius bila di alami di usia di atas 50 tahun; karena pembuluh darah sudah rapuh dan lebih sulit menghentikan perdarahannya.

Kebanyakan mimisan berhenti bila hidung ditekan. Tekan kedua sisi cuping hidung selama 15 menit, dan bernafaslah melalui mulut. Usahakan untuk tidak mendengus dan/atau bersin setelahnya, yang bisa membuat lepas gumpalan yang sudah terbentuk, agar mimisan tidak keluar lagi. Bila mimisannya berlangsung selama setengah jam atau lebih, bawalah ke bagian gawat daruratrumah sakit karena ada resiko kehilangan banyak darah.

 

TINDAKAN SENDIRI MENGATASI PILEK
Tidak ada obat khusus untuk pilek biasa, namun banyak gejala yang bisa meredakan dengan langkah-langkah berikut:
– Minumlah yang banyak
– Minumlah pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol, aspirin, atau ibuprofen.
– Isi sebuah mangkok dengan air panas sepertiga dan hiruplah uapnya selama beberapa menit untuk membantu menghilangkan penumpukan lendir.
– Obat bebas untuk pilek dan flu bisa cukup membantu. Namun bila anda hendak memakai pereda-nyeri juga, pastikan bahwa obat flu-nya tidak mengandung pereda nyeri, agar tidak terjadi overdosis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: